Segera Lakukan Cek Kesehatan Lengkap di Lab Prodia Terdekat!

Menjaga tubuh selalu sehat bukanlah hal yang mudah. Apalagi di masa pandemi seperti ini tentunya menjaga kesehatan akan semakin penting agar daya tahan tubuh semakin kuat dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu usaha dalam menjaga kesehatan adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Anda bisa melakukan cek kesehatan ini di Lab Prodia terdekat.

Lab Prodia terdekat yang dapat Anda pilih untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, salah satunya yang terletak di Jalan Jend. Sudirman No 99, Ciamis. Lab Prodia Ciamis ini bisa memberikan layanan untuk Anda memeriksakan kesehatan secara rutin.

Pemeriksaan rutin kesehatan ini sangat bermanfaat bagi Anda karena dapat mendeteksi penyakit yang muncul sedini mungkin sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Pemeriksaan kesehatan secara berkala dan rutin dapat dilakukan oleh siapa saja dan tanpa batasan usia sehingga baik anak – anak muda maupun lansia bisa melakukannya.

Berikut ini beberapa hal yang secara umum akan dilakukan pemeriksaan saat Anda melakukan medical check up atau cek kesehatan secara menyeluruh.

  1. Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki indek masa tubuh tidak normal dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, meningkatkan risiko stroke, hipertensi, sistem kelebihan tubuh yang lemah, anemia, osteoporosis, osteoarthritis bahkan sampai kanker. Indeks masa tubuh yang normal untu masyarakat Asia termasuk Indonesia adalah 18.5 hingga 22.9.

  1. Gula Darah

Bagi Anda yang sudah berusia di atas 45 tahun, sangat disarankan untuk melakukan tes ini setidaknya setiap tiga tahun sekali. Tetapi jika Anda memiliki risiko diabetes karena faktor keturunan atau yang lain, segera lakukan kosultasi dengan dokter untuk segera melakukan pemeriksaan. Sebelum menjalankan pemeriksaan, Anda biasanya akan berpuasa selama 8 jam. Hasil gula darah yang normal berkisar 70 – 100mg/dL, sedangkan jika hasil menunjukkan 100 – 125,g/dL itu artinya Anda sudah memasuki pra diabetes dan jika hasil >126 mg/dL, Anda sudah mengalami diabetes.

  1. Tekanan Darah

Tekanan darah nomal bagi Anda yang berusia di bawah 60 tahun adalah 140/90 mmHg sedangkan untuk usia di atas 60 tahun adalah 150/90 mmHg. Jika Anda mengalami tekanan darah di atas normal, ada kemungkinan Anda mengidap hipertensi, dan jika tekanan darah di bawah normal, memungkinkan Anda terkena anemia.

  1. Kolesterol

Kolesterol merupakan jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika jumlahnya menjadi berlebihan maka dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah sehingga dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Pemeriksaan kolesterol dapat dilakukan setiap 5 tahun sekali sejak usia 35 tahun bagi Anda yang memiliki kesehatan normal. Sedangkan bagi Anda yang di dalam keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, merokok, hipertensi atau bahkan diabetes, sangat disarankan Anda melakukan pemeriksaan kolesterol dimulai sejak usia 20 tahun dan perlu lebih sering dilakukan pemeriksaan.

  1. Kesehatan Jantung

Salah satu organ penting bagi tubuh adalah jantung. Pemeriksaan jantung ini dilakukan dengan menggunakan tes elektrokardiogram atau lebih dikenal dengan rekam jantung. Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas listrik jantung dan mendeteksi apakah ada detak jantung yang tidak normal atau pun gangguan lain seperti adanya penyumbatan pada aliran darah.

  1. Kulit

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan kemunculannya kanker kulit. Pemeriksaan dilakuakn dengan mengambil sampel kulit atau biopsi kulit. Pemeriksaan ini harus segera Anda lakukan jika menemukan perubahan yang tidak normal pada kulit seperti adanya benjolan, tahi lalat yang berubah warna, adanya jaringan abnormal pada kulit yang berwarna merah, putih, biru dengan perbatasan yang tidak teratur.

  1. Telinga

Pemeriksaan pada alat indera pendengaran ini tidak kalah penting dibandingkan dengan organ tubuh yang lain. Anda bisa melakukan tes audiometri untuk menemukan gangguan pendengaran, mengevaluasi kemungkinan tuli, menentukan jenis dan tingkat gangguan yang dialami. Pemeriksaan telinga ini bahkan bisa dilakukan pada bayi atau anak – anak untuk mendeteksi kemampuan belajar, berbicara dan memahami bahasa. Pemeriksaan pada anak dilakukan melalui respon yang diberikan saat mendengarkan suara yang diberikan.

Jadi, itulah beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yang bisa Anda lakukan di lab prodia terdekat. Anda bisa melakukan pemeriksaan keseluruhan atau pun hanya pada gangguan kesehatan tertentu. Sebelum terlambat, lebih baik mencegah daripada Anda harus mengobatinya dan kondisi sudah cukup parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *