Sebamed Lip Balm untuk Atasi Bibir Kering

sebamed lip balm

Bibir kering merupakan salah satu permasalahan yang cukup membuat para wanita pusing. Bagaimana tidak, karena bibir kering bisa memengaruhi penampilan saat menggunakan lipstik. Karena itu, banyak wanita yang menggunakan lip balm sebelum memakai lipstik. Salah satunya dengan menggunakan Sebamed Lip Balm.

Sebamed merupakan produk perawatan kulit yang berasal dari Jerman, dengan lip balm menjadi salah satu produknya. Produk lip balm dari Sebamed yaitu Lip Defense mengandung vitamin E dan SPF 30 yang mampu melindungi bibir dari sinar matahari sekaligus melembabkan.

Penyebab Bibir Kering

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti bagian kulit lainnya, karena itu bibir lebih mudah kering dan mengelupas. Ada banyak hal yang menyebabkan bibir kering, berikut penjelasannya.

  1. Suhu Udara

Suhu udara yang dingin bisa menurunkan tingkat kelembaban kulit karena itu bibir menjadi lebih sering pecah-pecah karena udara dingin tersebut. Bukan hanya suhu dingin saja yang bisa merusak bibir, suhu udara kering juga bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah.

  1. Menjilat Bibir

Banyak orang yang mengira jika menjilat bibir dapat memberikan kelembaban pada bibir. Nyatanya, menjilat bibir memang memberikan kelembaban tapi hanya sesaat dan selanjutnya bibir justru akan terasa kering.

  1. Sinar Matahari

Matahari bukan hanya dapat merusak kulit namun juga bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah karena paparan sinar matahari dalam waktu lama. Sinar matahari juga bisa menyebabkan benjolan keras pada bibir (actinic keratoses) yang bisa berkembang menjadi kanker.

Karena itu, Anda perlu menggunakan lip balm yang memiliki SPF seperti Sebamed Lip Balm.

  1. Penggunaan Produk Kecantikan

Ada beberapa produk kecantikan dengan kandungan bahan yang dapat membuat bibir kering. Beberapa bahan tersebut antara lain:

  • Humektan, seperti gliserin
  • Kamper
  • Menthol
  • Fenol

Selain karena kandungan bahan yang ada pada produk bibir, alergi juga bisa menjadi faktor penyebab. Karena ada kemungkinan seseorang memiliki alergi terhadap kandungan yang ada dalam sebuah produk bibir. Karena menggunakan lipstik atau semacamnya yang mengandung alergen bisa membuat bibir kering, kemerahan dan pecah-pecah.

  1. Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti antihistamin, kemoterapi, dan diuretik, bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi sendiri salah satu hal yang bisa menyebabkan bibir kering.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko bibir pecah-pecah.  Beriku beberapa vitamin dan obat-obayan yang bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. 

  •  Vitamin A
  •  Retinoid (Retin-A, Differin)
  •  Lithium (untuk mengobati gangguan bipolar)
  • Obat kemoterapi

Mencegah Bibir Kering

Bibir kering sebenarnya bisa dicegah salah satunya dengan beberapa cara berikut ini:

  • Hindari menjilat bibir, karena justru akan membuat bibir bertambah kering.
  • Gunakan lip balm setiap hari.
  • Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka jangan mengonsumsi makanan pedas. Karena makanan pedas bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering.

Mengatasi Bibir Kering

Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah hal mudah, dan Anda bisa melakukannya di rumah tanpa memerlukan perawatan dokter. Berikut beberapa cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda coba.

  • Minum air putih yang banyak guna mencegah tubuh dehidrasi sehingga bibir dan kulit akan terlihat lebih sehat.
  • Eksfoliasi bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir. Anda bisa mencampurkan gula dan madu lalu gosokkan pada bibir. Namun perlu diingat untuk tidak melakukan eksfoliasi terlalu sering.

Gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik. Dan oleskan lip balm setiap kali bibir terasa kering. Anda bisa memilih lip balm yang alcohol free seperti Sebamed Lip Balm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *