Menjaga Hati Tetap Sehat untuk Menghindari Hepatomegali

Menjaga kesehatan hati dan organ dalam tubuh adalah upaya terbaik untuk menghindari hepatomegali. Sebab, hepatomegali atau pembesaran hati bisa terjadi karena dipicu oleh penyakit lain. Oleh karena itu, jika hati orang mengalami pembesaran, biasanya dijadikan pertanda ada penyakit kronis yang menimpanya. 

Adapun beberapa penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hepatomegali adalah kanker, tumor, radang hati, gagal jantung kongestif, dan lain sebagainya. Di samping itu, pembesaran hati bisa juga disebabkan karena efek dari penggunaan obat tertentu. Mengingat beberapa penyebab pembesaran hati tersebut, maka menjaga kesehatan hati adalah upaya yang bisa dilakukan.

image Hepatomegali

 

Lantas bagaimana menjaga hati dan organ dalam tubuh agar tetap sehat supaya terhindar dari penyakit yang bisa menyebabkan hepatomegali? Hal pertama yang dapat dilakukan adalah hati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Sebab, ada pula obat medis yang bila dikonsumsi dalam jangka panjang menimbulkan efek samping terhadap hati. 

Oleh karena itu, jika anda sedang sakit dan memilih obat medis sebagai pengobatan, maka minumlah obat itu sesuai dengan aturan pakai atau anjuran dokter. Di sisi lain, sebelum mengonsumsi obat, anda juga perlu cari tahu apa efek samping yang bisa ditimbulkan. Sehingga, diharapkan anda bisa tetap waspada saat minum obat tersebut apabila obat yang anda minum bisa memberikan efek samping terhadap fungsi hati. 

Selain itu, sebagai upaya menjaga kesehatan hati kita, melakukan vaksinasi hepatitis A dan B juga diperlukan sejak dini. Hal ini karena salah satu penyebab pembesaran hati adalah terjadinya peradangan pada hati atau hepatitis. Oleh karena itu, kita dapat menarik simpulan melakukan vaksin hepatitis penting juga untuk menjaga kesehatan. 

Upaya lain menjaga kesehatan hati demi terhindar dari hepatomegali adalah dengan banyak minum air mineral. Minum air mineral yang cukup memang perlu karena air bisa membantu menghilangkan racun dalam tubuh, selain membantu proses pencernaan. 

Adapun hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari minuman alkohol dan rokok. Baik minuman beralkohol dan rokok ini memang tidak bagus untuk kesehatan hati. Sebagaimana telah disinggung, hepatomegali ini salah satu penyebabnya adalah kanker. Nah, terkait itu, rokok merupakan salah satu penyebab kanker. 

Demikian pula dengan minuman beralkohol yang perlu dihindari karena dalam jangka panjang, alkohol dapat menyebabkan munculnya kanker hati. Tentu daripada kita menderita penyakit tersebut, lebih baik sejak dini meninggalkan kebiasaan itu. Bagi anda yang perokok dan rutin mengonsumsi minuman beralkohol, belum ada kata terlambat untuk berhenti dan mengubah pola hidup sehat! 

Cara mudah selanjutnya menjaga kesehatan hati adalah dengan makan makanan bergizi. Tentu saja, kita tidak disarankan mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu, menjaga asupan lemak, karbohidrat, dan gula juga penting dilakukan. Adapun beberapa bahan makanan yang bagus untuk hati adalah bayam, alpukat, wortel, kunyit, teh hijau, bawang putih, dan lain-lain. 

Itulah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan hati. Cara tersebut pada umumnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja, memang perlu keinginan kuat. Jika anda sudah bisa menjalani pola hidup sehat dimulai dari meninggalkan minuman beralkohol, rokok, dan makanan cepat saji, maka anda bisa melengkapi pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. 

Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat kok. Kita cukup berolahraga sesuai kemampuan. Yang penting adalah kita rutin melakukannya. Akhir kata, demikianlah penjelasan singkat yang dapat diberikan. Semoga hati dan organ tubuh dalam kita semua tetap sehat dan kita terhindar dari hepatomegali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *