Lip Gloss Bening dan Lipstick, Apa bedanya?

Ada banyak kosmetik bibir di pasaran saat ini. Mulai dari lipstick, lip balm, hingga lip gloss bening, semuanya menawarkan manfaatnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan bibir setiap orang. Dengan harga yang relatif cukup terjangkau, produk kosmetik bibir tidak hanya bisa meningkatkan tampilan wajah, tetapi juga diklaim dapat memengaruhi suasana hati. 

Bagi Anda yang baru saja terjun dalam dunia produk kosmetik bibir, pada dasarnya kosmetik bibir dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu lipstick dan lip gloss bening. Keduanya memiliki kegunaan atau fungsi masing-masing, misalnya lip gloss bening akan memberikan tampilan yang lebih “glossy” atau berkilau pada bibir, dan memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan dengan produk lipstick pada umumnya. Sementara itu, dengan banyaknya warna yang tersedia saat ini, lipstick akan membantu menciptakan tampilan apapun yang Anda inginkan; berbeda dengan lip gloss bening yang hanya didesain secara khusus untuk membuat bibir memiliki sinar kilau karakteristiknya sendiri. 

Hasil akhir suatu produk kosmetik bibir mengacu pada bagaimana produk tersebut terasa di bibir dan bagaimana suatu produk merefleksikan cahaya. Misalnya, hasil akhir lip gloss atau lipstick dapat terasa lembut, creamy, melembapkan atau bahkan terasa kering. “Berat” dari produk tersebut saat digunakan juga merupakan sebuah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat Anda memilih suatu produk. Produk kosmetik bibir dapat terasa ringan, tebal, atau di tengah-tengah keduanya. Lip gloss bening dan beberapa jenis lipstick tertentu dapat menambahkan kilau sempurna pada bibir, karena memang fungsi utamanya yang merefleksikan cahaya. Di sisi lain, lipstick dengan tekstur matte tidak merefleksikan cahaya apapun, menciptakan efek tanpa kilau yang tidak sedikit orang suka. 

Ada banyak lipstick dan lip gloss bening di pasaran saat ini. Untuk lipstick sendiri, jenis yang bisa ditemukan di antaranya adalah semi-matte, creamy, matte, frosted, dan juga satin, masing-masing dengan hasil akhiran yang berbeda. Untungnya, Anda biasanya dapat menentukan hasil akhir atau finish suatu jenis produk lipstick dari nama atau label yang tertulis dalam kemasan. Lipstick frosted dan satin biasanya bersifat ringan dan sangat reflektif. Lipstick jenis ini juga memiliki kelembapan yang cukup baik, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki bibir kering.Di sisi lain, lipstick jenis matte, semi-matte, dan juga creamy memiliki tekstur yang lebih tebal dan akan terasa berat di bibir. Selain itu, lipstick jenis ini kurang melembapkan, dan tidak memantulkan cahaya. 

Sementara itu, hasil finish atau akhir lip gloss bening tergantung pada efek “glossy” atau kilau yang dihasilkannya. Dalam segi tekstur, lip gloss bening juga lebih berat dibandingkan dengan lipstick biasa. Bahkan beberapa lip gloss bening sangat kental dan terasa lebih berlendir dibandingkan dengan tekstur lengket pada umumnya. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki tekstur lebih ringan dan lembut. Beberapa lip gloss memiliki kilau yang sangat memantul, sementar beberapa yang lainnya memiliki kilau lembut dan tampak alami. Sehingga, saat Anda memilih suatu produk lip gloss bening, pastikan Anda tahu tampilan serta tekstur apa yang Anda inginkan. 

Setelah membaca perbedaan antara lipstick dan lip gloss bening di atas, kiranya Anda sudah tahu produk kosmetik bibir mana yang Anda butuhkan dan cocok dengan kondisi bibir yang dimiliki. Jika Anda ingin tampilan yang unik dengan pigmentasi jenis apapun yang suatu suasana dan acara butuhkan, pilihlah lipstick sesuai selera. Apabila Anda membutuhkan kesan bibir berkilau atau glossy dan lembap, pilihlah lip gloss bening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *