7 Hal yang Perlu DiKetahui Soal Gigi Susu

7 Hal yang Perlu DiKetahui Soal Gigi Susu

 Gigi susu atau disebut juga dengan gigi bayi atau gigi primer merupakan rangkaian gigi yang ada pada bayi saat mulai berumur 6 bulan ke atas.

Susunan yang muncul pada saat bayi akan mempunyai gigi adalah 10 di atas dan 10 di bawah sehingga keseluruhan berjumlah 20 buah, dan akan benar-benar terlihat saat bayi sudah mulai beranjak besar di umur 2,5 tahun.

Runutan kemunculan gigi pada bayi atau atau anak adalah sebagai berikut:

Dalam masa 6 bulan gigi pertama yang muncul adalah gigi seri tengah kemudian gigi depan dan gigi di bagian rahang bawah.

Setelah itu akan ada gigi kedua yang berada tepat di bagian gigi pertama, dan gigi seri tengah kedua ada di rahang bawah.

Selanjutnya akan muncul empat gigi seri atas, dan mulai mengalami erupsi gigi sekitar dua bulan setelah kemunculan gigi yang sama masuk di rahang bawah.

Sedangkan gigi geraham yang kedua akan muncul saat bayi di usia 2,5 tahun. Ini merupakan rangkaian terakhir dari kemunculan gigi pada bayi.

Perkembangan gigi susu pada anak

Lalu, apakah yang perlu Anda ketahui perihal gigi sulung ini? Pasalnya, sebagai orang tua Anda tentunya ingin dan harus mengetahui mengenai pertumbuhan gigi buah hati. Khawatir jika yang Anda dapatkan tidak normal sama dan membuat Anda berpikir untuk berkonsultasi ke dokter gigi.

Nah, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui. Yuk, mari simak!

1. Gigi bayi berkembang di rentang usia 6-12 bulan

Kemunculan gigi susu pada bayi dan anak memang tidak langsung begitu saja. Gigi-gigi ini seperti yang sudah disebutkan di atas akan muncul secara bertahap sesuai tumbuh-kembamg bayi dan anak.

Fakta yang demikian ini tentu saja seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan Anda karena tentunya bertanya-tanya mengapa pada bayi dan anak Anda belum juga tumbuh gigi.

2. Tambahkan fluorida saat bayi berusia 6 bulan

Seperti yang kita ketahui fluorida adalah mineral yang membantu mencegah kerusakan dengan cara mengeraskan email gigi.

Untuk mendapatkannya, bisa melalui air minum murni  atau suplemen yang mengandung mineral tersebut.

Namun, untuk memberikan fluorida pada bayi Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter gigi Anda, memberikan melalui air minum atau suplemen.

3. Pijat gusi bayi saat gigi akan tumbuh

Tumbuhnya gigi pada bayi kebanyakan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi sehingga mereka menjadi sakit dan rewel.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memijat pelan gusi bayi Anda atau berikan waslap yang basah pada area tumbuh tersebut.

Tumbuhnya gigi pada bayi juga akan membuat suhu tubuh mereka meningkat di atas 38 derajat Celcius meskipun menurut sebuah penelitian hal tersebut tidak berhubungan, dan penyebab suhu tubuh tinggi adalah karena adanya infeksi yang memerlukan perawatan.

Namun apabila kondisi tersebut memang Anda hadapi segera konsultasikan kepada dokter anak untuk diberikan asetaminofen dan ibuprofen.

4. Hindari tablet penumbuh gigi

Banyak orang tua yang tidak sabaran mengenai kondisi gigi pada anaknya membuat mereka memberikan tablet penumbuh gigi.

Sayangnya, tindakan ini sangat tidak dianjurkan karena tablet tersebut mengandung racun tanaman Belladona yang sebenarnya untuk menghilangkan rasa sakit tapi malah bisa menimbulkan efek samping.

5. Sikat gigi anak secara teratur

Di saat buah hati Anda sudah mempunyai gigi, Anda harus menyikatnya secara rutin, yaitu 2 kali sehari.

Ketika anak sudah di umur 3 tahun mulai berikan dia pasta gigi ber-fluorida, dan mulailah ajarkan dia sampai umur 6 tahun. Pantaulah kesehatan gigi anak sampai mereka berumur 7-8 tahun.

6. Berikan pernis fluorida sejak dini

Pernis fluorida bertujuan membantu mencegah kerusakan gigi pada anak yang memang rentan terutama di masa tumbuh-kembang. Semakin dini diberikan, semakin baik perlindungan pada gigi Anak Anda.

7. Mulai berkonsultasi dengan dokter gigi

Saat gigi sudah muncul pada anak Anda, mulailah untuk konsultasi pada dokter gigi di usia 1 tahun saat anak mengalami erupsi gigi.

Dokter akan memastikan semua gigi susu yang ada tumbuh secara normal, dan tidak mengalami masalah apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *