Cara Tepat Cegah Osteoarthritis, Salah Satunya dengan Osteokom

osteokom

Osteoarthritis (OA) merupakan salah satu penyakit yang menyerang area persendian pada tubuh. Saat terkena Osteoartritis, tulang rawan menjadi rusak sehingga mengakibatkan rasa sakit dan  nyeri bahkan hingga bengkak. Jika kondisinya semakin parah, hal ini jelas dapat mengganggu aktifitas penderita sehari-hari. Ada banyak hal yang dinilai dapat mendukung penyakit ini terjadi pada seseorang. faktor usia, aktivitas, serta kondisi fisik seseorang dinilai bisa menjadi salah satu faktornya. 

Usia

Sebenarnya penyakit ini bisa terjadi pada segala kelompok usia. Namun faktanya, semakin bertambahnya usia seseorang, semakin besar pula ia terkena resiko penyakit sendi. Sebab, saat berusia lanjut tubuh akan mulai mengurangi produksi cairan pada sendi yang berfungsi untuk melumasi sendi sehingga sendi akan menjadi lebih rawan tergesek bahkan menipis. Itulah sebabnya mengapa orang dengan lanjut usia semakin mudah mengalami masalah sendi.

Jenis kelamin

Ketika wanita memasuki masa menopause, tubuh wanita mulai berhenti memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini berpengaruh dalam proses pembentukan serta kesehatan tulang dan sendi sehingga sangat memungkinkan jika masalah tulang dan sendi kerap kali menghampiri wanita yang telah menopause.

Riwayat keluarga

Osteoarthritis juga dapat diturunkan atau disebabkan oleh faktor genetik dari riwayat keluarga. Meski tetap ada faktor lain juga yang memengaruhi, riwayat keluarga dinilai menyumbang peran hingga 70% dalam kondisi ini.

Aktivitas berat

Melakukan aktivitas berat berulang mampu menyebabkan sendi bekerja terlalu keras yang akhirnya bisa jadi penyebab osteoarthritis. Semakin berat aktivitas yang dilakukan, semakin besar juga resiko seseorang terkena penyakit osteoarthritis atau radang sendi. 

Obesitas

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas ternyata mampu memberi tekanan yang berlebih pula pada sendi sehingga sendi memikul beban lebih berat. Hal ini kerap terjadi di bagian lutut, maupun pinggul seseorang yang mengalami obesitas.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mencegah osteoarthritis?

1. Kelola aktivitas

Hal yang harus diingat saat melakukan aktivitas adalah jangan sampai aktivitas yang dilakukan terlalu memberatkan atau menyulitkan sendi. Jika ingin melakukan aktivitas berat, jangan juga buat sendi menjadi tegang akibat terkejut. Anda dapat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas berat agar dapat terhindar dari resiko terkena penyakit sendi.

2. Jaga berat badan ideal

Melakukan diet sehat dan jaga terus berat badan ideal adalah cara tepat dapat Anda lakukan untuk menghindari resiko terkena masalah sendi akibat obesitas. Perhatikan asupan yang masuk, jauhi lemak jenuh serta perbanyak konsumsi buah dan sayuran dinilai berpengaruhi dalam hal ini.

3. Rutin olahraga

Melakukan olahraga dengan rutin berdampak tak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun begitu juga dengan kesehatan sendi. Tak harus dengan olahraga berat, Anda bisa lakukan peregangan atau senam dengan rutin selama 15-30 setiap harinya. Selain dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi resiko penyakit sendi, olahraga juga dinilai mampu mengurangi rasa kaku pada sendi, serta meningkatkan kekuatan otot dan juga tulang. 

4. Istirahat cukup

Istirahat atau tidur yang cukup dinilai berpengaruh baik untuk kesehatan massa otot baik pada anak, remaja, hingga dewasa. Setelah tubuh seharian beraktifitas, cukupi kebutuhan tidur agar kondisi badan baik sendi tetap baik. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup setidaknya Anda harus mendapatkan 7-9 jam tidur per harinya. 

5. Jaga gula darah

Diabetes nyatanya juga bisa jadi salah satu faktor yang mampu memicu penyakit radang sendi seperti osteoarthritis. Saat kadar glukosa dalam darah tinggi,  hal ini mampu mempercepat pembentukan molekul yang akhirnya dapat membuat tulang rawan menjadi kaku serta memicu peradangan dan pengeroposan tulang rawan lebih cepat terjadi. Perhatikan asupan makanan serta terus kontrol porsi makan dapat Anda lakukan untuk terus menjaga kadar gula darah. 

6. Konsumsi obat

Untuk terus memelihara kesehatan sendi agar terhindar dari resiko masalah sendi Anda dapat memasukkan obat sendi ke dalam obat harian Anda. Salah satu obat sendi yang baik untuk memelihara kesehatan sendi serta tulang adalah Osteokom kaplet. Didalam Osteokom kaplet terdapat berbagai kandungan yang baik untuk sendi mulai dari Glucosamine HCl, Chondroitin, Selenium, Metil sulfonil metan (MSM), Vitamin C, Zinc, Mangan, hingga Magnesium gliserofosfat. Tak hanya untuk mengobati sakit dan nyeri akibat radang sendi, Osteokom kaplet juga dapat digunakan untuk pemeliharaan kesehatan sendi dan tulang agar terhindar dari resiko penyakit sendi. Anda cukup menggunakan 1 kaplet Osteokom setiap harinya agar kondisi sendi dapat terus sehat. 

Kondisi radang sendi yang disebabkan oleh Osteoarthritis memang bisa terjadi kapan saja dan dibagian tubuh mana saja. Langkah pencegahan memang penting dilakukan agar sendi dapat terhindar dari resiko penyakit radang sendi yang bisa mengintai. Memperbaiki gaya hidup serta rutin konsumsi obat sendi seperti Osteokom kaplet dinilai efektif untuk mencegah radang sendi yang dapat terjadi. Kemudian, jangan lupa juga untuk terus kelola aktivitas dengan tidak terlalu memforsir kerja sendi agar sendi terhindar dari penyakit osteoarthritis.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *