Cara Mengatasi Batuk dengan Obat Batuk Sirup

obat batuk sirup

Batuk adalah suatu mekanisme refleks dari tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau zat asing yang mengiritasi tenggorokan. Akan tetapi, jika zat asing atau lendir terlalu banyak di tenggorokan, maka akan membuat Anda batuk lebih sering karena tubuh harus membersihkan tenggorokan dari waktu ke waktu. Anda bisa mengatasi batuk tersebut dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotek seperti obat batuk sirup.

Perlu diingat, jika batuk tetap berlangsung antara tiga dan delapan minggu, serta bisa membaik pada akhir periode itu, kondisi tersebut dianggap batuk subakut. Sedangkan jika Anda batuk terus-menerus dan berlangsung lebih dari delapan minggu, maka kondisi tersebut disebut batuk kronis.

Anda harus segera menemui dokter jika mengalami batuk darah atau bunyi batuk seperti “menggonggong”. Anda juga harus menghubungi dokter jika batuk Anda tidak segera membaik dalam beberapa minggu, karena ini bisa mengindikasikan sesuatu yang lebih serius.

Penyebab Batuk

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk.

Proses Membersihkan Tenggorokan

Batuk adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk membersihkan tenggorokan. Ketika saluran udara tersumbat oleh lendir atau partikel asing seperti asap atau debu, batuk adalah reaksi refleks dari tubuh yang berfungsi untuk membersihkan partikel asing, sehingga memudahkan Anda untuk bernapas.

Virus dan Bakteri

Penyebab batuk yang paling umum adalah terjadi infeksi pada saluran pernapasan seperti pilek atau flu. Infeksi saluran pernapasan pada umumnya disebabkan oleh virus dan bisa tetap berlangsung beberapa hari hingga seminggu. Infeksi yang disebabkan karena flu mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan terkadang memerlukan antibiotik.

Merokok

Merokok adalah penyebab umum timbulnya batuk. Batuk yang disebabkan karena kebiasaan merokok hampir selalu merupakan batuk kronis dengan suara yang khas. Kondisi tersebut sering dikenal sebagai batuk perokok.

Asma

Penyebab umum batuk pada anak kecil adalah asma. Biasanya, batuk asma melibatkan gejala seperti mengi, sehingga mudah untuk diidentifikasi.

Obat

Beberapa obat dapat menimbulkan batuk, meskipun hal ini umumnya merupakan efek samping yang jarang terjadi. Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor, yang biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan kondisi jantung, dapat menyebabkan timbulnya batuk.

Kondisi Lain

Ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan batuk, meliputi: 

  • kerusakan pada pita suara
  • tetesan postnasal
  • infeksi bakteri seperti pneumonia, batuk rejan  dan croup
  • kondisi serius seperti emboli paru dan gagal jantung
  • Ada juga kondisi umum lainnya yang dapat menyebabkan batuk kronis adalah penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Cara Mengobati Batuk

Batuk bisa diobati dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengonsumsi obat batuk sirup. Selain itu, batuk sebaiknya diobati tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa cara untuk mengobati batuk.

Perawatan di Rumah

Batuk yang disebabkan oleh virus tidak dapat diobati dengan antibiotik, karena antibiotik hanya dapat digunakan untuk mengobati infeksi karena bakteri. Namun, Anda dapat mengobati batuk karena virus dengan menggunakan cara berikut:

  • Tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup.
  • Tinggikan posisi kepala dengan bantal tambahan saat tidur.
  • Gunakan obat batuk untuk meredakan tenggorokan.
  • Berkumur dengan air garam hangat secara teratur untuk menghilangkan lendir dan menenangkan tenggorokan.
  • Hindari paparan terhadap zat iritan seperti asap dan debu.
  • Tambahkan madu atau jahe ke dalam teh panas untuk meredakan batuk dan membersihkan jalan napas.
  • Gunakan semprotan dekongestan untuk melegakan hidung dan memudahkan Anda bernapas.

Perawatan Medis

Pada umumnya, dokter akan melihat ke bawah tenggorokan, mendengarkan batuk Anda, dan menanyakan gejala lainnya. Jika batuk Anda disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberi resep obat antibiotik oral. Anda pada umumnya memerlukan minum obat selama seminggu untuk menyembuhkan batuk sepenuhnya. Dokter juga dapat memberi obat batuk sirup ekspektoran atau penekan batuk yang mengandung kodein. 

Anda dapat menggunakan obat batuk sirup seperti Hufallerzine Sirup yang diklaim mampu meredakan batuk berdahak yang disertai alergi. Kandungan obat batuk sirup Hufallerzine Sirup seperti promethazine HCL merupakan obat golong antihistamin yang dipercaya mampu mengobati gejala alergi, serta kandungan guaifenesin pada obat tersebut bermanfaat dalam meredakan batuk berdahak. Anda bisa mendapatkan obat batuk sirup ini dengan harga Rp 6000 untuk kemasan isi 60 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *