Cara Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Foundation Sesuai Jenis Kulit

Merias wajah seperti menggunakan bedak atau lipstik merupakan satu hal wajib bagi para wanita. Salah satu produk kosmetik yang kerap digunakan oleh kaum hawa adalah foundation. Foundation atau alas bedak sering digunakan untuk meratakan warna kulit. Namun tidak semua wanita tau bagaimana cara memilih foundation yang tepat sesuai kulit wajah.

Cara Memilih Foundation Sesuai Kulit Wajah

Memilih foundation bukanlah hal mudah. Karena jika salah, bisa saja foundation yang kamu pilih tidak cocok untuk kulit sehingga membuat wajah kamu terlihat lebih gelap atau pucat. Karena itu kamu harus bisa memilih foundation yang sesuai dengan warna dan kondisi kulit. Jangan sampai foundation membuat wajah kamu lebih terang dari leher sehingga kamu terlihat belang.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghindarinya yaitu:

Identifikasikan Warna Kulit

Mengidentifikasi warna kulit merupakan tahap pertama guna menemukan foundation yang tepat. Namun sayangnya tidak banyak yang tau bagaimana mengetahui apakah dirinya memiliki tipe kulit cool, warm atau undertones.

Tipe kulit warm merupakan warna kulit yang memiliki rona warna persik hingga kuning. Orang yang memiliki tipe kulit warm juga memiliki kulit pucat. Tipe kulit cool memiliki rona merah muda dan kebiruan. Sedangkan netral memiliki perpaduan warm dan cool.

Namun perlu diketahui jika tipe kulit tidak sesuai dengan warna alami kulit kamu. Karena bisa saja kamu yang memiliki kulit gelap justru memiliki tipe kulit cool.

Untuk membantu kamu menentukannya, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan salah satunya dengan melihat pembuluh darah vena yang terdapat di tangan. Kamu bisa melihat pembuluh darah vena kamu di bawah cahaya terang.

Jika warna pembuluh darah kamu hijau berarti kamu memiliki tipe kulit warm, jika biru berarti cool. Namun jika warna pembuluh darah kamu sulit dibedakan berarti kamu memiliki tipe kulit netral.

Kenali Kondisi Kulit

Sebelum memilih foundation, kamu harus terlebih dahulu mengenali kondisi kulit kamu. Apakah kulit kamu kering, kombinasi atau berminyak. Ini karena ada beberapa foundation yang dikhususkan untuk kondisi kulit tertentu.

Kulit berminyak

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa menggunakan foundation cair yang bebas minyak guna mendapatkan hasil akhir yang matte.Dan gunakan spons make up atau kuas untuk mengaplikasikan foundation.

Selain itu, gunakan primer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan foundation. Dan tambahkan pelembab khusus kulit berminyak yang bisa menghilangkan kelebihan sebum dan biarkan hingga kering.

Kulit Kering

Kulit kering akan membuat foundation mudah crack, bahkan bisa saja foundation yang kamu gunakan terlihat mengelupas. Kamu bisa memilih foundation cair yang ringan dan mampu menghidrasi kulit atau pilih yang mengandung pelembab. Kamu juga bisa memilih foundation yang memiliki hasil akhir dewy atau satin.

Sebelum mengaplikasikan foundation apapun, gunakan day cream dan primer lalu tunggu hingga keduanya meresap sempurna. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab,lalu aplikasikan foundation secara merata dengan jari.

Kamu juga bisa mencampurkan sedikit air kedalam foundation sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Hal ini dapat menambah kelembaban tanpa menimbulkan kelebihan minyak serta mampu membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

Kulit Kombinasi

Cara memilih foundation untuk kulit kombinasi adalah yang memiliki hasil akhir satin atau satin-matte. Ini karena tidak akan membuat wajah kamu terlalu berminyak namun juga dapat membuat bagian wajah yang kering berkilau.

Pilih foundation cair yang sedikit matte karena akan mengurangi sebum. Kamu juga bisa menggunakan foundation matte pada bagian T-zone dan menambahkan highlight di pipi agar wajah kamu terlihat berkilau.

Itulah beberapa cara memilih foundation sesuai dengan jenis kulit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *