Cara Memilih Alat Cek Gula Darah untuk Diabetes

Cara Memilih Alat Cek Gula Darah untuk Diabetes

Selain kanker dan kardiovaskular, diabetes menjadi penyakit yang sama mematikannya bagi manusia. Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah Anda. Tingginya kadar gula darah ini dapat mengganggu sel-sel tubuh dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan penyakit kronis lainnya, seperti jantung, ginjal, dan hati. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan untuk memastikan kadar gula darah Anda tetap stabil, terlebih bagi penderita diabetes. Ada alat cek gula darah yang digunakan untuk mengukur kadar gula darah. Alat cek gula darah ini bermacam-macam dan dapat Anda gunakan untuk mengetahui dan mengontrol gula darah. 

Kapan Saya Harus Menguji Gula Darah Saya?

Jika Anda penderita diabetes, Anda mungkin perlu memeriksa gula darah beberapa kali sehari seperti sebelum dan sesudah makan, berolahraga, sebelum dan bangun tidur, sebelum mengemudi, dan ketika Anda merasa kadar gula darah Anda rendah atau tinggi.

Kadar gula darah ideal mungkin akan berbeda pada setiap orang karena dipengaruhi oleh beberapa faktor dan akan berubah sepanjang hari. Namun umumnya, kadar gula darah manusia normal umumnya:

  • Sebelum makan 70-130 mg/dL
  • Setelah makan Kurang dari 180 mg/dL

Sementara itu, pada penderita diabetes, kadar sangat penting untuk mengendalikan diabetes. Oleh karena itu, Tes HbA1C biasanya dilakukan untuk mendiagnosis tipe diabetes yang dialami oleh seseorang, apakah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, atau prediabetes. Hasil A1C Anda akan dilaporkan dalam dua cara:

  • A1C dilaporkan dalam bentuk persentase.
  • Perkiraan glukosa rata-rata (eAG), dalam jumlah yang sama dengan pembacaan gula darah Anda sehari-hari.

Rata-rata Kadar Glukosa Darah (mg/dL) HbA1c (%)

A1C (%)eAG (mg/dl)
6126
6,5140
7154
7,5169
8183
8,5197
9212
9,5226
10240

Hasil A1C memberi tahu Anda tingkat gula darah rata-rata Anda selama 3 bulan. Hasil A1C mungkin berbeda pada setiap orang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Jika setelah melakukan tes ini hasil tes menunjukkan kadar gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah, segera konsultasikan dengan dokter Anda. 

Bagaimana Cara Memilih Alat Cek Gula Darah?

Untuk mengukur gula darah secara mandiri di rumah, Anda perlu menggunakan alat cek darah yang baik. Pastikan alat cek darah yang Anda gunakan memiliki monitor glukosa untuk melihat kadar gula darah Anda setiap saat. 

Meskipun tidak ada tes darah mandiri yang seakurat laboratorium, setidaknya tes darah secara mandiri di rumah dapat membantu mengontrol kadar gula darah sehari-hari. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih alat cek gula darah:

  • kinerja alat yang konsisten
  • harga dan keterjangkauan keseluruhan
  • aksesibilitas
  • daya tahan yang lama
  • portabilitas
  • fitur spesial
  • kemudahan penggunaan alat secara keseluruhan
  • pengalaman dan ulasan pengguna dari alat
  • harga yang sesuai dengan kualitas.

Bagi Anda penderita diabetes, biasanya disarankan untuk menggunakan Continuous Glucose Monitoring (CGM). Alat ini mudah digunakan dengan fitur yang lengkap sehingga praktis digunakan kapan saja dan di mana saja. Terlebih hasil pemeriksaan dapat terpantau seharian karena alat ini akan selalu memeriksa kadar gula darah terus-menerus dan mengirimkannya ke smartphone Anda.

Catatan

Simpan hasil pemeriksaan tes baik dari tes darah, urin, keton, maupun digital yang Anda lakukan. Untuk alat cek gula darah seperti CGM, hasil pemeriksaan akan tersimpan di dalam memori dan dapat dikirim ke ponsel. Hasil tes ini membantu dokter Anda membuat perubahan yang diperlukan dalam rencana makan, obat-obatan, atau program olahraga Anda guna mengontrol diabetes Anda. Bawalah hasil pemeriksaan ini bersama Anda setiap kali Anda menemui dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *