8 Manfaat Tapai Singkong dalam Resep Es Doger

Es Doger adalah salah satu jajanan yang cukup populer di Indonesia. Beragam resep dibuat untuk menghasilkan satu buah minuman kaya isi yang menyegarkan, dan sangat cocok diminum di siang hari bolong atau saat ingin melepas dahaga.

Es serut santan yang berasal dari Cirebon ini juga mempunyai banyak manfaat jika melihat pada salah satu kandungan utamanya, tapai singkong.

Resep Es Doger Beragam Rasa, Plus Tips Agar Es Doger Tidak Cepat Cair

Banyak orang Indonesia tentu sudah akrab dengan makanan hasil fermentasi dari singkong ini. Bentuknya yang panjang lonjong dan berwarna kuning serta mempunyai rasa asam.

Tapai singkong juga banyak dijual di mana-mana, baik secara berkeliling atau di warung tepi jalan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Lalu apa sajakah manfaat tapai singkong dalam resep es doger ini? Yuk, simak di bawah ini!

1. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah satu penyakit yang sering ditemui pada orang Indonesia.

Penyakit ini muncul bisa karena faktor makanan, gaya hidup, atau keturunan. Jika Anda menderita kondisi ini, satu tapai singkong bisa meminimalkannya supaya menjadi rendah.

Hal itu karena tapai singkong mengandung kalium yang ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Usahakan konsumsi tanpa garam berlebihan.

2. Mengatasi rematik

Rematik atau adalah kondisi sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dalam tubuh. Gejala kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri pada sendi, kaku hingga bengkak, dan jika Anda tidak segera mengatasinya bisa menyebabkan pada organ-organ pernapasan seperti paru-paru dan jantung.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi secara teratur tapai singkong yang ternyata mempunyai sifat anti-inflamasi atau anti peradangan.

3. Mengatasi kekurangan sel darah merah

Tapai singkong ternyata juga dapat jadikan sebagai obat alami untuk kekurangan sel darah merah pada tubuh atau anemia.

Hal ini karena tapai singkong mengandung zat besi yang dapat mengoptimalkan sel darah merah.

Jika Anda sudah merasakan gejala-gejala yang mengarah pada anemia seperti lelah dan pusing, tidak ada salahnya konsumsi satu gelas es doger dengan resep sederhana namun nikmat.

4. Melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah pada pencernaan, tapai singkong bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mengatasinya.

Ini karena seperti makanan fermentasi lainnya, tapai singkong mengandung serat dan air yang membantu usus untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi.

5. Mengatasi obesitas

Tapai singkong dalam segelas es doger memang bukan kandungan utama yang sembarangan karena ternyata mempunyai manfaat dapat mengatasi kelebihan berat badan atau obesitas. Kok bisa??

Hal itu karena mempunyai kemampuan menghambat hormon ghrelin, hormon yang membangkitkan rasa lapar dalam waktu cepat.

Penghambatan ini juga membuat Anda merasakan kenyang yang cukup tambah ditambah dengan tapai singkong yang rendah kalori.

6. Menimbulkan gairah seksual

Tahukah Anda bahwa satu tapai singkong yang Anda makan bersama es doger ternyata mampu menimbulkan gairah seksual.

Hal ini karena adanya kandungan karbohidrat dan protein dalam tapai singkong mampu menimbulkan gairah tersebut. Karena itu, tapai singkong sangat cocok bagi pasangan yang memiliki kelainan seksual.

7. Menghilangkan jerawat

Bagi Anda yang sedang mengalami jerawat pada wajah, Anda bisa mengonsumsi tapai singkong sebagai alternatif apabila tidak ada obat jerawat sama sekali.

Hal ini karena tapai singkong mampu menetralkan racun yang menyebabkan pori-pori yang tersumbat, penyebab utama jerawat.

8. Menyegarkan tubuh

Saat Anda merasa lemah dan lesu karena suatu hal, konsumsi saja tapai singkong. Secara ilmiah makanan fermentasi ini dapat meningkatkan thiamin yang berfungsi meningkatkan sistem otot dan neuron manusia.

Jadi, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi es doger saat mengalami kondisi demikian karena mempunyai resep ada tapai singkong yang punya efek menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *